Senin, 02 Juni 2014

Langkah Cinta Untuk Indonesia

Identitas Buku
Judul Buku : Langkah Cinta untuk Indonesia
Penulis : Zirlyfera jamil, dkk
Penerbit : Robbani Press
Tahun Terbit : 2011
ISBN : 978-979-3305-02-8
Sinopsisi
Keterlibatan perempuan di ruang publik sering juga dibenturkan dengan tanggung jawabnya di ruang domestik. Stereotype yang ada di masyarakat mengatakan bahwa apabila seorang ibu sibuk di luar rumah, maka anak-anak dan keluarga akan terlantar.
Persepsi-persepsi negatif tersebut dijawab dan dibuktikan secara nyata oleh seorang perempuan politisi PKS bernama Yoyoh Yusroh. "Memisahkan perempuan dari politik samadengan memisahkan masyarakat dari lingkungannya". Kalimat itu sering dilontarkan Ibu yoyoh-demikian kami biasa memanggilnya- dalam berbagai forum untuk menyemangati kaum perempuan agar lebih berinisiatif mengambil peran, khususnya peran politik.
Beliau tidak hanya bicara, akan tetapi membuktikan apayang diucapkannya dengan turut serta menjadi pendiri Partai Keadilan tahun 1998 dan menjadi anggota DPR RI sejak tahun 2003 hingga akhir hayatnya tahun 2011. Tidak hanya tingkat nasional, beliau turut menjadi anggota Internasional Muslim Women Union (IMWU) salah satu lembaga perempuan internasional yang membuatnya memiliki pergaulan luas berskala internasional.
Saat banyak orang takut berhadapan dengan tentara israel, misalnya, beliau bergabung dengan rombongan kemanusiaan Viva Palestina untuk memasuki Jalur gaza, wilayah yang bertahun-tahun diblokade israel. Dan di dunia pendidikan, dalam 4 tahun terakhir beliau sangat gigih membangun dan mendirikan sebuah sekolah putri utnuk menghafal Al-Qur'an yang diberinya nama pesantren Ummu Habibah.
Dan bagi ibu 13 anak ini, semua aktifitas yangbeliau lakukan di luar rumah itu tidak harus membuat keluarganya terlantar. Kekuatan cinta, do'a dan motivasi yang ia berikan sebagai seorang ibu membuat putra putrinya menjadi anak-anak yang berprestasi. Putra kelimanya hafal al qur'an, putra keduanya kuliah di Bosnia dan putra putri lain memiliki prestasi yang gemilang di bangku sekolah masing-masing.
Tanpa banyak bicara,ibu Yoyoh memberikan teladan kepada kita semua bahwa aktifitas publik dan domestik dapat sama-sama berjalan baik ketika kita mampu menjalankannya secara seimbang.
Tentang Buku
Buku yang ditulis untuk mengenak kiprah ibu yoyoh dalam perannya di dunia politik. Buku ini sebenarnya ada dua, satunya mengulas tentang peran beliau dengan keluarganya. Buku yang sangat inspiratif. Kita akan mendapatkan semangat perjuangan beliau dengan membaca buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar