Kamis, 06 Maret 2014

Tahta Mahameru

Sumber Gambar
Identitas Buku
Judul : Tahta Mahameru
Penulis : Azzura Dayana
Penerbit : Republika
Tebal Buku : viii+380 halaman
ISBN : 978-602-7595-002

Sinopsis
“Mahameru… Puncak Abadi Para Dewa.” Ikhsan memandang Mahameru lagi. “Apakah itu artinya… Allah tidak punya tempat di sana?”
Faras, si gadis kutu buku asal desa Ranu Pane hanya bisa mengangkat tinggi kedua alisnya.
“Seperti aku, kamu juga tidak tahu banyak tentang tahta Mahameru?” tanyanya lagi.
Tahta Mahameru?
Itulah salah satu dari tiga pertanyaan tak terjawab dari Ikhsan kepada Faras. Masing-masing diajukan dalam tiga pertemuan singkat mereka sebelum mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa itu. Pendaki gunung berwatak keras dari keluarga yang penuh kebencian ini menjadikan Mahameru sebagai peredam sesaat jiwanya yang penuh dendam. Namun kegetiran semakin memuncak sampai akhirnya ia benar-benar membalas dendam dan hidup terasing. Faras, sang teman baik yang merasa bersalah dalam terseretnya Ikhsan ke ujung tanduk menelusur jejak sang pendaki hingga melintasi pulau. Ia ditakdirkan bertemu dan seperjalanan panjang dengan Mareta, seseorang yang ternyata terkait dalam dendam keluarga Ikhsan.
Apa sebenarnya yang terjadi pada Ikhsan setelah menghilang tiga tahun? Lalu masih pentingkah Faras mengungkap semua jawab atas pertanyaan esensial Ikhsan yang dulu, melalui keajaiban demi keajaiban dalam pendakian Mahameru yang mungkin tak terlihat selama ini?
Tahta Mahameru, sebuah novel yang tak hanya menyajikan rangkaian peristiwa luar biasa tentang kehidupan anak manusia, tapi juga menyuguhkan petualangan tokoh-tokohnya dari satu daerah ke daerah lain, menghadirkan sisi religi yang menggugah, dan ikut mengupas latar adat suku Bugis yang kental dan terkenal akan kapal pinisi mereka. Serta tentu saja, pendakian Gunung Mahameru yang berbeda dari biasanya.

Tentang Buku
Buku ini saya miliki tahun 2012 di Toko Buku Gramedia yang terletak di Mall daerah A. Yani, Surabaya. Penasaran banget sama buku ini, hingga ga sabar untuk menunggu lebih lama. Dan sejak membeli hingga sekarang, buku ini sudah saya baca sebanyak 5 kali, dan tidak juga bosan mengikuti jalan ceritanya.
Azzura Dayana adalah penulis favorit saya, karya-karyanya selalu saya suka dan ingin saya koleksi, tapi sayang, baru Novel ini yang saya punya. Untuk resensinya bisa di lihat di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar